INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA KEBAKALAN

POTENSI PETERNAKAN DESA KEBAKALAN

POTENSI PETERNAKAN DESA KEBAKALAN

POTENSI PETERNAKAN DESA KEBAKALAN

Beternak bagi masyarakat Desa Kebakalan adalah suatu hal yang lumrah disamping bercocok tanam. Hal ini didukung oleh daerah yang memiliki lahan luas, suhu yang baik untuk hewan ternak yaitu sekitar 27-34o celcius, serta akses hijauan pakan yang berlimpah sehingga menjadikan desa ini sangat cocok untuk peternakan. Oleh karena itu, sektor peternakan di Desa Kebakalan menjadi salah satu komoditas unggulan yang hingga saat ini terus didorong untuk dapat dikembangkan. Berbagai upaya secara aktif dilakukan pemerintah desa dan masyarakat yang tergabung dalam organisasi peternak desa Kebakalan untuk senantiasa meningkatkan populasi dan kualitas ternak. Diantara nya melalui perhatian kesehatan hewan ternak, ketersediaan pakan bergizi, hingga pemberdayaan masyarakat desa untuk dapat mengelola di bidang peternakan sehingga dapat menghadirkan produk hasil ternak yang dapat bersaing.

 

Berdasarkan hasil sensus hewan ternak yang dilakukan mahasiswa KKN PPM UGM Periode 2 Tahun 2022 diketahui kondisi peternakan di Desa Kebakalan adalah sebagai berikut :

 

A.    Populasi

1.    Ternak Besar

Populasi ternak besar yang tercatat di Desa Kebakalan adalah sapi potong yang populasi nya sebanyak 273 ekor.

2.     Ternak Kecil

Populasi ternak kecil yang terdiri dari kambing dan domba tersebar di beberapa dukuh. Tercatat populasi kambing sebanyak 413 ekor dan domba sebanyak 41 ekor.

3.     Unggas

Populasi unggas yang terdiri dari ayam kampung, entok dan bebek di Desa Kebakalan tidak dapat terdata secara rinci dikarenakan pencatatan yang belum sempurna. Namun banyak warga yang melakukan ternak unggas yang dibebaskan di halaman atau pekarangan rumah.

 

B.    Keunggulan Hewan Ternak

Hewan ternak yang ada di Desa Kebakalan dikelola dengan baik karena sangat memperhatikan pakan ternak, kesehatan hewan ternak dan kebersihan kandang. Para peternak secara rutin melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak serta terus mengupayakan tindakan preventif hewan ternak dari penyakit dengan cara pemberian vaksin. Partisipasi aktif peternak yang mendukung peningkatan kualitas ternak terlihat pada antusiasme mengikuti sosialisasi yang diadakan mahasiswa KKN PPM UGM Periode 2 Tahun 2022 terkait penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak serta pentingnya pemberian vitamin untuk sapi, kambing dan domba. Sehingga rata-rata hewan ternak sapi, kambing dan domba di Desa Kebakalan memiliki ciri-ciri bulu bersih, mengkilap, pernapasan baik, lincah, nafsu makan bagus sehingga banyak yang memilki bobot besar. Dengan kualitas yang baik maka sapi, kambing dan domba di Desa Kebakalan sangat cocok untuk dijadikan hewan kurban saat hari raya Idul Adha.

 

C.    Produk Hasil Peternakan Desa

Produk hasil ternak desa Kebakalan yaitu telur ayam, telur bebek, telur asin, ayam, entok dan bebek potong umumnya langsung dijual ke pasar serta warung-warung terdekat. Lalu untuk sapi, kambing dan domba dijual melalui pemesanan langsung dari pembeli untuk kurban pada hari raya Idul Adha dan melaksanakan Aqiqah. Sedangkan untuk hasil ternak menjadi produk olahan masih dalam pengembangan pada alat dan persiapan sumber daya manusia untuk melaksanakan proses produksi.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip BERITA

Polling 1

Polling 2

Polling 3